Sertifikasi Good Storage Practice – GSP

Sertifikasi Good Storage Practice (GSP) adalah sistem dari jaminan kualitas yang memastikan bahwa kualitas produk dipertahankan melalui kontrol yang memadai selama penyimpanan. GSP merupakan panduan mengenai cara penyimpanan produk yang baik dan benar. Umumnya banyak dijadikan pedoman di industri farmasi. Panduan ini tentunya sudah menjadi standar di lingkungan industri, namun dengan lingkup yang lebih sederhana tetap dapat diaplikasikan dalam pengelolaan bisnis retail.

Good Storage Practices (GSP) memainkan peran integral dalam berbagai Farmasi dan Perusahaan, organisasi, dan institusi yang berorientasi pada farmasi. GSP diperlukan untuk menunjukkan tidak hanya manajemen yang efisien tetapi juga penyimpanan obat yang efisien produk.

Penyimpanan obat yang efisien sangat penting karena akan mempengaruhi potensi dan fisiknya integritas obat dipertahankan dan disimpan. Terlebih lagi, GSP adalah kegiatan yang umumnya mencegah kerusakan dan memastikan mutu dan keamanan obat juga terjaga. Semua kondisi penyimpanan untuk bahan dan produk medis diharapkan sesuai dengan produk pelabelan.

Cara Penyimpanan Farmasi yang Baik seringkali dibarengi dengan konsep Distribusi yang Baik Practice (GDP) karena keduanya termasuk dalam rantai pengelolaan produk medis. Di hal ini seperti halnya PDB, GSP juga merupakan bagian dari Sistem Manajemen Mutu. Tepatnya, GSP mewakili bagian ini yang memastikan bahwa kualitas obat terjaga dengan baik.

Ini dilakukan melalui memantau dan mengendalikan sejumlah prosedur yang terkait erat dengan proses penyimpanan. Ke menyajikan ini secara berbeda, GSP dapat dibayangkan sebagai kompilasi langkah-langkah yang harus dipertimbangkan dalam hal penyimpanan obat dan produk medis dengan aman.

Langkah-langkah ini bertujuan untuk menjanjikan bahwa produk akan mempertahankan sifat kualitasnya ketika mereka
menjangkau pasien dan konsumsinya tidak akan mengakibatkan kondisi yang tidak terduga. Seperti yang dinyatakan
sebelumnya, setiap pendirian yang beroperasi di industri Farmasi atau Kesehatan pada umumnya dan transaksi dengan penyimpanan harus mengintegrasikan praktik tersebut ke dalam kegiatan sehari-hari mereka. Mengapa? Karena dengan mengikuti.

Komponen dalam GSP

Sistem manajemen gudang yang buruk, infrastruktur fisik, sumber daya manusia yang tidak memadai dan merupakan tantangan utama keberhasilan proses penyimpanan.

Pengelolaan Penyimpanan yang baik dan benar mengatur beberapa aspek antara lain:

  • Tempat Penyimpanan
  • Fasilitas penyimpanan
  • Sumber Daya Manusia
  • Pengelolaan stok
  • Dokumentasi

Menurut aturan GSP internasional dan undang-undang nasional, distributor produk farmasi harus mematuhi standar ini.

  • Perusahaan harus memastikan bahwa semua karyawan yang memiliki akses ke produk medis dan terlibat dalam aktivitas penyimpanan dan distribusi sangat memahami prinsip-prinsip GSP.
  • Penyimpanan dan pengangkutan bahan dan produk farmasi sesuai GSP harus dipertimbangkan pada semua tahap peredaran produk medis sehingga melibatkan hampir semua peserta pasar farmasi.

WHO telah mengeluarkan panduan GSP untuk farmasi, yaitu no. 908, tahun 2003, Lampiran 9. Panduan ini ditujukan bagi mereka yang terlibat dalam penyimpanan, pengangkutan dan distribusi obat-obatan. Ini menjelaskan tindakan khusus yang dianggap tepat untuk penyimpanan dan pengangkutan obat-obatan.

Bila perusahaan anda ingin mengetahui informasi tentang Good Storage Practice – GSP mengenai sertifikasi dan trainingnya bisa menghubungi kontak dibawah ini.

Worldwide Quality Assurance

Graha ISKA 5th Floor
Jl Pramuka Raya No. 165
Central Jakarta, 10570 Indonesia
Phone : +6221 – 4260769
Hotline/Whatsapp : +628111496821
Email : jakarta@wqa-sea.com

Sertifikasi Good Storage Practice

Sertifikasi Good Storage Practice

 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.