Manajemen Sumber Daya Manusia – ISO 30414

Strategi Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia yang efektif dapat berdampak positif pada kinerja organisasi. Apalagi dengan biaya tenaga kerja yang dapat mencapai 70% dari pengeluaran organisasi, maka sangat penting untuk membuat strategi yang baik.

ISO 30414 Adalah Manajemen sumber daya manusia (HRD) – Pedoman pelaporan sumber daya manusia internal dan eksternal, ini adalah Standar Internasional pertama yang memungkinkan organisasi atau perusahaan untuk mendapatkan pandangan yang jelas tentang kontribusi aktual dari sumber daya manusianya (HRD). Berlaku untuk perusahaan dari semua jenis dan ukuran, itu memberikan pedoman pada bidang SDM seperti budaya organisasi, rekrutmen dan pergantian karyawan, produktivitas, kesehatan dan keselamatan, dan kepemimpinan.

Memang Ada banyak sistem dan proses manajemen SDM yang beraneka ragam dengan tujuan memaksimalkan nilai manfaat atas investasi staf. Tetapi sistem dan proses manajemen tersebut berbeda-beda antar bisnis maupun antar negara, sehingga sulit untuk secara akurat membandingkan dan membuatnya relevan secara internasional. Standar ISO 30414baru yang baru diterbitkan ini menyediakan cara yang disepakati secara global untuk melakukan hal itu.

Dr Ron McKinley, Ketua komite teknis ISO yang mengembangkan standar ini, mengatakan ISO 30414 akan memungkinkan organisasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dampaknya terhadap staf dan membantu memaksimalkan kontribusi karyawan untuk kesuksesan jangka panjang.

ISO 30414 dikembangkan oleh komite teknis ISO ISO / TC 260, manajemen sumber daya manusia, yang sekretariatnya dipegang oleh ANSI, anggota ISO untuk Amerika Serikat.

Pemerintah dan pembuat kebijakan juga diuntungkan, kata McKinley, dengan memperoleh pengetahuan yang lebih besar tentang pengembangan sumber daya manusia di organisasi negara mereka terkait dengan yang lain, yang penting untuk inisiatif pasar tenaga kerja politik.

Panduan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia pada beberapa area berikut:

– kepatuhan dan etika;

– biaya;

– perbedaan/diversity;

– kepemimpinan;

– budaya organisasi;

– kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan organisasi;

– produktifitas;

– rekrutmen, mobilitas dan pergantian;

– keterampilan dan kemampuan;

– perencanaan suksesi;

– ketersediaan tenaga kerja.

Untuk lebih memahami Manajemen Sumber Daya Manusia – ISO 30414 anda dapat menhubungi kontak dibawah ini

Worldwide Quality Assurance ( APAC )
Graha ISKA 5th Floor
Jl Pramuka Raya No. 165
Central Jakarta, 10570 Indonesia
Phone : +6221 – 4260769
Fax : +6221 – 4243523
Hotline/Whatsapp +628111496821
Email : Info@wqa.co.id

 

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia