ISO 28001:2007 Praktik Terbaik Untuk Menerapkan Keamanan Supply Chain

Apa itu ISO 28001 ?

ISO 28001:2007 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan rantai pasokan. Standar ini dirancang untuk membantu organisasi melindungi berbagai elemen dalam rantai pasokan mereka dari ancaman dan risiko keamanan, termasuk pencurian, sabotase, dan gangguan lainnya. ISO 28001 memberikan kerangka kerja yang terstruktur untuk mengidentifikasi, mengelola, dan mengurangi risiko keamanan dalam rantai pasokan.

Standar Internasional ini memberikan pilihan bagi organisasi untuk menetapkan dan mendokumentasikan tingkat keamanan yang wajar dalam rantai pasokan internasional dan komponennya. Hal ini akan memungkinkan organisasi-organisasi tersebut untuk membuat keputusan berbasis risiko yang lebih baik mengenai keamanan dalam rantai pasokan internasional tersebut.

Tujuan ISO 28001:2007

  • Meningkatkan Keamanan: Melalui implementasi standar ini, organisasi dapat meningkatkan keamanan dalam rantai pasokan mereka, melindungi produk, informasi, dan infrastruktur dari risiko potensial.
  • Kepatuhan Hukum: ISO 28001 membantu organisasi mematuhi hukum dan peraturan yang berkaitan dengan keamanan rantai pasokan di berbagai yurisdiksi.
  • Peningkatan Efisiensi: Dengan mengurangi risiko pencurian atau kerusakan dalam rantai pasokan, organisasi dapat meningkatkan efisiensi operasional mereka.

Manfaat Penerapan ISO 28001:2007:

  • Kepercayaan Pelanggan: Kepatuhan terhadap standar ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap kemampuan organisasi untuk melindungi produk dan informasi mereka.
  • Pengurangan Kerugian: Dengan mengurangi risiko pencurian dan kerusakan, organisasi dapat menghindari kerugian finansial yang signifikan.
  • Perbaikan Proses: Implementasi standar ini memerlukan evaluasi menyeluruh terhadap proses rantai pasokan, yang dapat menghasilkan perbaikan proses dan efisiensi operasional.
  • Peningkatan Reputasi: Mempunyai sertifikasi ISO 28001 dapat meningkatkan reputasi organisasi dalam industri dan pasar global.

Langkah-Langkah Penerapannya:

  1. Pemahaman Kebutuhan: Pahami persyaratan ISO 28001 dan tentukan bagaimana mereka berlaku pada rantai pasokan organisasi Anda.
  2. Penilaian Risiko: Identifikasi potensi risiko keamanan dalam rantai pasokan dan tentukan langkah-langkah pengelolaannya.
  3. Perencanaan: Rencanakan sistem manajemen keamanan rantai pasokan, termasuk struktur organisasi, tanggung jawab, dan prosedur operasional.
  4. Implementasi: Terapkan rencana yang telah dibuat, melibatkan semua anggota organisasi yang relevan dan menyediakan pelatihan bila diperlukan.
  5. Evaluasi dan Perbaikan Berkelanjutan: Lakukan evaluasi terhadap sistem yang diimplementasikan, identifikasi area yang perlu diperbaiki, dan terus lakukan perbaikan berkelanjutan untuk memastikan keefektifan sistem manajemen keamanan rantai pasokan.
  6. Audit dan Sertifikasi: Lakukan audit internal untuk memastikan kepatuhan terhadap standar. Organisasi juga dapat memilih untuk mengundang pihak ketiga untuk melakukan audit independen dan mendapatkan sertifikasi ISO 28001 jika memenuhi persyaratan.

Sertifikasi ISO 28001 memberikan kerangka kerja teruji yang mengarah pada peningkatan keseluruhan dalam keamanan rantai pasokan dan membantu organisasi mencapai tingkat keunggulan yang lebih tinggi dalam lingkungan bisnis yang kompetitif. Untuk informasi detail mengenai ISO 28001 bisa menghubungi WQA.

Sumber :

  • Persyaratan ISO 28001:2007
  • WQA Learning

 

(AR)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.