Manfaat ISO 22000 Bagi Perusahaan

Manfaat ISO 22000 Bagi Perusahaan

ISO 22000 adalah Sistem Manajemen keamanan pangan yang dapat diterapkan untuk setiap organisasi dalam rantai makanan dan pertanian-peternakan. Dengan Sertifikat ISO 22000 memungkinkan organisasi untuk menunjukan pelanggan mereka bahwa organisasi tersebut menetapkan sistem manajemen keamanan pangan. Hal ini dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan terhadap produk makanan dan minuman yang di produksi. Sistem manajemen keamanan pangan menjadi hal yang penting sebagai salah satu permintaan pelanggan yang menginginkan keamanan makanan dan pengelolaannya harus berdasarkan bahan-bahan yang baik dan aman.

Perkembangan industri pangan dewasa ini meningkat dengan sangat pesat. Seiring dengan perkembangan tersebut banyak ditemui masalah yang berkaitan dengan “food borne illness” atau penyakit yang disebabkan karena makanan.

Di negara Eropa dan Amerika, permasalahan ini telah diantisipasi dengan menerbitkan suatu metode untuk melakukan risk analysis / analisa resiko terhadap bahaya yang disebabkan oleh makanan dalam proses penyediaannya. Metode tersebut disebut HACCP (Hazard Analysis & Critical Control Points) dan setiap organisasi yang menjual produknya di Eropa dan Amerika, mereka wajib memenuhi persyaratan tersebut.

Namun pada kenyataannya, metode ini hanya sekedar berfungsi untuk risk analysis saja. Sedangkan kebutuhan dunia industri pada umumnya dan industri makanan pada khususnya adalah bagaimana meningkatkan produktivitas dari kinerja organisasi sehingga dapat meningkatkan profit margin dan efisiensi organisasi. Tentunya tidak lepas dari bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan.

Standar ISO 22000 Di Buat bermaksud untuk menentukan persyaratan manajemen keamanan pangan untuk perusahaan yang membutuhkan. Salah satu standar yang mencakup semua kebutuhan konsumen dan pasar, Ini mempercepat dan menyederhanakan proses tanpa mengorbankan kualitas atau manajemen keselamatan sistem lain.

Adapun Manfaat ISO 22000 adalah :

1. Menjamin keamanan produk yang dihasilkan industri
2. Meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan
3. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi organisasi
4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
5. Menjamin sistem perbaikan yang berkesinambungan
6. Sebagai media untuk pengambilan keputusan yang faktual
7. Meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok

ISO 22000 adalah sistem manajemen yang terintegrasi dengan sistem manajemen lainnya, memungkinkan organisasi untuk bekerja sebagai satu kesatuan dengan tujuan bersatu. Dengan sistem yang terintegrasi, organisasi Anda menjadi suatu kesatuan yang utuh, dengan masing-masing fungsi selaras.

Manfaat ISO 22000

Manfaat ISO 22000

Manfaat ISO 22000

 

Share Button