APA ITU ISO 45001 ?

Organisasi bertanggung jawab untuk meminimalkan risiko bahaya bagi orang-orang yang terlibat dan terpengaruh oleh aktivitasnya, misalnya pekerja, manajer, kontraktor, ataupun pengunjungnya. Terutama bagi mereka dilibatkan oleh organisasi untuk melakukan kegiatan tersebut.

Menurut perkiraan Organisasi Buruh Internasional (ILO), 2,34 juta kematian pada tahun 2013 akibat kegiatan kerja. Mayoritas terbesar (sebesar 2 juta) terkait dengan masalah kesehatan, dibandingkan dengan luka-luka. Institute of Occupational Safety and Health, IOSH, memperkirakan ada 660.000 kematian per tahun akibat kanker yang timbul dari aktivitas kerja.

ISO sedang mengembangkan standar sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (ISO 45001) yang dimaksudkan untuk memungkinkan organisasi mengelola risiko K3 dan memperbaiki kinerjanya. Implementasi sistem manajemen K3 akan menjadi keputusan strategis bagi sebuah organisasi yang dapat digunakan untuk mendukung inisiatif keberlanjutannya, memastikan masyarakat lebih aman dan lebih sehat serta meningkatkan keuntungan pada saat yang bersamaan.

Kegiatan organisasi dapat menimbulkan risiko cedera atau kesehatan yang buruk, dan dapat mengakibatkan kerusakan serius pada kesehatan, atau bahkan kematian. Oleh karena itu, penting bagi organisasi untuk menghilangkan atau meminimalkan risiko K3 dengan mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Sistem manajemen OH & S organisasi dapat menerjemahkan dan mencegah insiden melalui serangkaian proses yang sistematis dan berkelanjutan (didukung oleh penggunaan metode dan alat yang tepat) dan dapat memperkuat komitmen organisasi untuk secara proaktif meningkatkan kinerja K3.

Adalah logis bahwa mereka yang bekerja paling dekat dengan risiko OH & S harus mengetahui hal itu. Dengan demikian, partisipasi pekerja dalam pembentukan, pelaksanaan dan pemeliharaan sistem manajemen K3 dapat memainkan peran penting dalam memastikan bahwa risikonya dikelola secara efektif. ISO 45001 menekankan perlunya partisipasi pekerja dalam berfungsinya sistem manajemen OH & S, serta mengharuskan sebuah organisasi memastikan bahwa pekerjanya kompeten untuk melakukan tugas mereka secara aman.

 

DEFENISI ISO 45001

ISO 45001 adalah Standar Internasional yang menentukan persyaratan untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (OH & S), dengan panduan penggunaannya, untuk memungkinkan sebuah organisasi memperbaiki kinerja K3 secara proaktif dalam mencegah cedera dan kesehatan buruk.

ISO 45001 dimaksudkan untuk diterapkan pada organisasi manapun terlepas dari ukuran, jenis dan sifatnya. Semua persyaratannya dimaksudkan untuk diintegrasikan ke dalam proses manajemen organisasi sendiri. ISO 45001 memungkinkan sebuah organisasi, melalui sistem manajemen K3, untuk mengintegrasikan aspek kesehatan dan keselamatan lainnya, seperti kesehatan pekerja / kesejahteraan; Namun, perlu dicatat bahwa sebuah organisasi dapat diminta oleh persyaratan hukum yang berlaku untuk menangani masalah tersebut.

 

MANFAAT DARI ISO 45001

ISO 45001 berbasis sistem manajemen OH & S akan memungkinkan sebuah organisasi untuk meningkatkan kinerja OH & S dengan:

  • mengembangkan dan menerapkannya kebijakan dan sasaran dari K3
  • menetapkan sistematika proses yang mempertimbangkan “konteks” dan mengapa harus melakukannya. Mempertanggungjawabkan risiko dan peluangnya, dan persyaratan hukum dan lainnya
  • menentukan bahaya dan resikO K3, berusaha untuk menyelesaikannya, atau mengendalikannya atau untuk meminimalkan potensinya.
  • meningkatkan kesadaran akan K3
  • Mengevaluasi kinerja & dan melakukan tindakan perbaikan
  • Memastikan pekerja aktif melaksanakan K3

Jika dikombinasikan dengan tempat kerja yang aman dan peningkatan reputasi perusahaan dapat memiliki manfaat langsung lebih banyak, seperti:

  • memperbaiki kemampuan untuk mematuhi peraturan dan regulasi
  • mengurangi biaya akibat kejadian kecelakaan
  • mengurangi down time dan biaya operasi
  • mengurangi biaya asuransi
  • Mengurangi ketidakhadiran dan keluar masuk karyawan
  • Pengakuan internasional

APA ITU ISO 45001

APA ITU ISO 45001

Source : ISO Org

Share Button